Monday, 9 December 2013

BUKU SAKU IPA



Catatan :


















8-Point Star: 30
 
KATA PENGANTAR
              Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan buku saku IPA 2 ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.Tujuan Buku saku pratikum ini saya buat untuk mengikuti persaratan UAS
Dalam proses penyelesaian buku pratikum ini tidak sedikit hambatan dan kesulitan yang penulis alami.Karena berkat dorongan,bantuan semua pihak segala hambatan kesulitan dapat teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen IPA 2 Lilis Tisnawati dan teman-teman yang bersangkutan yang banyak memberikan bantuan kepada penulis.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan pratikum buku saku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
                                                                          Tangerang,2 Juni 2013
                                                                  Penyusun

                                                           
8-Point Star: i                                                                (MOHAMAD ADE SAPUTRA)
DAFTAR ISI
Kata Pengantar           ..................................................................i
Daftar Isi                     ...............................................................ii
PRAKTIKUM I        : Gaya....................................................1
1.1          Dasar teori Gaya................................................1
1.2          Percobaan 1 (Gaya istrik Statis).........................5
1.3          Percobaan 2 (Gaya Magnet )..............................7

PRAKTIKUM II       : Gerak ....................................................9
           2.1 Dasar teori Gaya....................................................9
           2.2  Percobaan 1 (GLB).............................................11
 2.3 Percobaan 2 (GLBB)...........................................13

PRAKTIKUM III     : Pesawat Sederhana.............................15
                                3.1 Dasar teori Gaya ................................15
                                3.2 Percobaan 1 (Katrol)...........................22
                                3.3 Percobaan 2 (Tuas).............................25

PENUTUP : ...........................................................................27
DAFTAR PUSTAKA :..........................................................28


8-Point Star: ii
 
Catatan :


















8-Point Star: 29
 
DAFTAR PUSTAKA
Maman Rumanta, (2009) Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumardi Yosalap, (2004). Konsep Dasar IPA I petunjuk praktikum. Jakarta : Universitas Terbuka















8-Point Star: 28
 
PEMBAHASAN
PRAKTIKUM 1
       I.  GAYA
·      Tujuan Pembelajaran 
Ø Menjelaskan konsep dan peranan gaya
·      Dasar teori
1.    Definisi Gaya
Seorang yang mendorong meja, meja yang tadinya diam sekarang bisa bergerak. Meja bisa bergerak karena orang memberikan sesuatu kekuatan melalui dorongan, kekuatan itulah yang kita namakan sebagai gaya. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak. Jadi bila kita menarik atau mendorong benda hingga benda itu bergerak maka kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut.
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal04.jpg
8-Point Star: 1            Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan satuan gaya dinyatakan dalam satuan Newton yang biasa ditulis dengan huruf N. Kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.
          Dibawah ini adalah gambar cara mengukur gaya dengan menggunakan dinamometer. 
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal05.jpg
2. Jenis-jenis Gaya
          Secara sadar atau tidak kita sering melakukan aktivitas yang memerlukan gaya. Tetapi jenis gaya tidak hanya yang kita keluarkan. Berikut ini adalah jenis-jenis gaya:

a.    Gaya magnet:
          Kekuatan yang menarik jarum, paku, atau benda logam lainnya yang ada disekitarnya. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan selatan. Bentuk magnet beragam ada yang berbentuk jarum, ada yang berbentuk huruf “U”, berbentuk silinder, berbentuk lingkaran dan ada yang berbentuk batang. Perhatikan gambar bentuk-bentuk magnet berikut!

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal06.jpg

b.    Gaya listrik statis:
8-Point Star: 2Kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik untuk menarik benda-benda disekitarnya. Untuk melihat adanya gaya listrik statis, bisa dicoba dengan mengosok-gosok penggaris pada rambut kering kita, kemudian dekatkan pada sobekkan kertas, maka
PENUTUP
Demikianlah Buku Saku sederhana ini kami buat. Namun demikian, kami sebagai penyusun menyadari Buku Saku ini masih jauh dari kesempurnaan. Kami mohon maaf apabila masih banyak ditemui kesalahan, itu datangnya dari kealpaan kami. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan dari pembaca semua. Terutama dari pembimbin saya pada umumnya.

Akhirnya, marilah kita kembalikan semua urusan kepada-Nya. Billahittaufiq wal hidayah war ridho wal inayah wassalamu’alaikum wr.wb.













8-Point Star: 27
 
a.      Hasil Pengamatan
No
Jarak OR
Jarak OE
1.


2.


3.



b.      Kesimpulan
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.       Pertanyaan
1)   Jika massa di A lebih besar dari massa di B, maka panjang OR dibandingkan OE akan ... ( berikan alasan anda dengan singkat dan jelas mengapa hal ini terjadi! )
2)   Berdasarkan hasil percobaan yang anda lakukan, maka : beban x lengan beban = .................x...................
3)   Sebutkan  2 contoh pesawat sederhana yang menggunakan asas tuas!











8-Point Star: 26
 


sobekkan kertas tersebut akan menempel pada penggaris. Penggaris bisa menarik potongan kertas dengan gaya listrik statis.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal07a.jpg

c.    Gaya otot :
Kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang senam di sekolah. Apabila kita sering melakukan olahraga maka otomu akan bertambah besar dan kuat.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal07.jpg
d.   Gaya gravitasi bumi :
8-Point Star: 3Kekuatan bumi untuk menarik benda lain ke bawah. Bila kita melempar benda ke atas, baik dari kertas, pensil atau benda lain maka semua benda itu akan jatuh ke bawah. Berbeda bila di luar angkasa para astronot tidak merasakan gaya gravitasi, akibatnya mereka akan melayang-layang bila berada di luar angkasa.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal08.jpg

e.    Gaya Pegas :
Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang diregangkan. Misalnya saat kamu bermain panahan, karet mampu mendorong anak panah terlontar  dengan cepat dan jauh.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal09.jpg

f.     Gaya Gesekan:
8-Point Star: 4Bila kedua benda saling bergesekkan, maka antara keduanya akan muncul gaya gesek. Gaya gesek bisa menguntungkan dan merugikan. Bila kita berjalan di jalan yang kering, antara sepatu dan jalan akan muncul gaya gesek. Gaya gesek ini membantu kita untuk bisa berjalan. Bayangkan bila jalanan licin, maka gaya geseknya akan kecil dan kita akan kesulitan untuk berjalan.
Percobaan 2
1.    Tuas
a.Tujuan
Ø Menjelaskan manfaat dari tuas
Ø Menentukan keuntungan mekanik (KM) pada tuas

b.Alat dan Bahan
1)      Penggaris ukuran panjang 30-100 cm
2)      Statif atau penyangga untuk menggantung penggaris
3)      Benang secukupnya
4)      Beban abtara 10gr sampai dengan 200gr masing-masing 1 buah
5)      Klip kertas sebagai pengganti beban

c.Cara Kerja
1)      Susunlah penggaris dan statif atau penyangga,berikut gantungkan penggaris dengan lengan-lengan yang panjang, sehingga dalam keadaan seimbang. Dalam hal ini anggaplah titik nol (0) berada ditenga-tengah penggaris (misal,jika panjang penggaris 30cm,maka titik sumbu nol pada angka 15)
2)      Gantungkan beban 100gr pada lengan kiri (A) dan 20gr pada lengan kanan (B). Atur kekdudukan penggaris supaya tetap dalam keadaan setimbang.
3)      Catatlah jarak OR dan OE pada tabel Hasil Pengamatan
4)      8-Point Star: 25Ulangi langkah (b) dan (c) untuk melengkapi tabel Hasil Pengamatan tersebut.
f. Pertanyaan
1)   Jika saat kalibrasi beban 100gr, skala pegas menunjukan 20 skala kecil,maka 1 skala kecil sama dengan masa beban ... gr.
2)   Dari langkah (b),keuntngan mekanik yang didapat dari katrol tetap adalah ...
3)   Pada langkah (d) keuntungan mekanik dari penggunaan katrol bergerak adalah ...
4)   Mana yang lebih menguntungkan penggunaan katrol tetap atau katrol bergerak? Berkan alasan anda dengan singkat dan jelas mengapa hal ii terjadi!












8-Point Star: 24
 
Percobaan 1
1.      Gaya Listrik Statis
a.    Tujuan
Ø   Dapat menunjukan gejala adanya gaya listrik statis

b. Alat
1)   Sisir plastik

c.  Bahan
1)   Rambut seseorang yang agak tebal dan kering
2)   Potongan – Potongan kertas kecil

d. Cara Kerja
1)   Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)   Sisirlah rambut kering yang tebal dengan sisir plastik
3)   Kemudian dekatkan sisir plastik itu ke potongan -  potongan kertas kecil,
4)   Amati apa yang terjadi?

e.  Hasil Pengamatan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

f.     Kesimpulan
8-Point Star: 5........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
g.        Pertanyaan
1)   Gaya apakah yang menyebabkan potngan kertas tetarikoleh sisir plastik yang digosokan oleh rambutkering?




























8-Point Star: 6
 
5)   Catatlah skala pegas pada B untk setiap beban yang digantungkan pada katrol bergerak di A.
6)   Lakukan kegiatan pada langkah (d) dan (e) dengan mengganti beban A dari 100gr sampai dengan 400gr.

d.   Hasil Pengamatan
1)   Data Hasil Kalibrasi
No
Beban
Data Hasil Kalibrasi








2)   Skala Pada Pegas

Perbandingan dengan masa A



3)   Skala Pada Pegas

e.    Kesimpulan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8-Point Star: 23 

Percobaan 1
2.    Katrol
a.        Tujuan
Ø Menjelaskan manfaat dari katrol
Ø Menentukan keuntukan mekanik (KM) pada katrol

b.        Alat dan Bahan
1)   Katrol tetap
2)   Katrol bergerak
3)   Neraca pegas 0-500 gram
4)   Beban 200 gram, 100 gram, 50 gram, 20 gram (masing-masing 2 buah)
5)   Benamg secukupnya atau senar plastik
6)   Statif ataupenggantung katrol

c.    Cara Kerja
1)   Lakukan kalibrasi untuk beban yang akan digunakan (200gr, 100gr, 50gr, 20gr) dengan menggunakan neraca pegas,periksa apakah skala pada pegas menunjukan keterbacaan yang sama dengan nilai beban yang tertera. Masukan data hasil kalbrasi anda dalam Hasil Pengamatan.
2)   Susunlah alat dan bahan percobaan. Setelah beban A tergantung,catatlah skala yang terdapat pada pegas kemudian bandingkan dengan masa beban A.
3)   Kemudian lakukan langkah (b) dengan mengganti beban pada  secara berurutan dari 100gr sampai dengan 400gr.
4)   8-Point Star: 78-Point Star: 22Selanjutnya lakukan kegiatan praktikum menggunakan katrol bergerak dan katrol tetap.
Percobaan 2
2.    Gaya Magnet
a.    Tujuan
Ø Dapat menunjukan gejala adanya gaya magnet

b.   Alat dan Bahan
1)   Magnet batang
2)   Jarum jahit
3)   Aluminium
4)   Seng
5)   Seutas benang jahit
6)   Potongan plastik
7)   Potongan kertas
8)   Statip
9)   Isolatif plastik

c.    Cara Kerja
1)   Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)   Dekatkanlah megnet batang dengan bahan yang tersedia tetapi tidak sampai bersentuhan.
3)   Amati apa yang terjadi
4)   Masukan data dalam tabel Hasil Pengamatan

d.   Hasil Pengamatan
No
Magnet
Bahan
Tertarik/Tak tertarik
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Jarum jahit
Aluminium
Seng
plastik
8-Point Star: 7benang jahit
kertas
...................
...................
...................
...................
...................
...................

e.         Kesimpulan
  ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

f.         Pertanyaan
1)   Mengapa benda-benda logam yang kecil dapat di tarik oleh magnet barang?























8-Point Star: 8
 
Sebaliknya, roda gigi kecil memberikan kecepatan putar yang lebih cepat, tetapi ini memberikan gaya yang lebih kecil, sehingga harus dibayar dengan gaya kuasa yang lebih besar.
Tentunya kalian sudah mempelajari pesawat sederhana dan di video awal kami perlihatkan video pengibaran bendera, nah sekarang bayangkan jika kalian bisa menjadi petugas paskibra nasional seperti di bawah ini tentunya menjadi kenbanggaan guru, orang tua dan kalian sendiri, karena mereka adalah putra terpilih bangsa yang tidak hanya memilki fisik yang bagus tetapi juga kecerdasan dan kepintaran, Jika kalian ingin seperti mereka ayo siapkan diri sejak sekarang juga.














8-Point Star: 21
 
Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat besert bergeraknya katrol bebas keatas.
Keuntungan mekanik katrol tetap adalah satu sedangkan Keuntungan mekanik katrol bergerak adalah dua, sedangkan katrol majemuk sama dengan banyaknya tali yang menyangkut pada katrol.
Sebagai contoh jka katrol menggunakan tali yang menahan beban berjumlah 3 sepertigambar diatas, maka keuntungan mekaniknya adalah 3 kali.

1.    Roda berporos
Photobucket
Gambar penerapan roda berporos

Roda gigi adalah sepasang roda bergerigi yang saling berhubungan sehingga sepasang roda bergerigi tersebut dapat digunakan untuk menambah atau mengurangi gaya, disamping untuk mengubah besar arah kecepatan putaran. Roda gigi besar memberikan gaya yang lebih besar, sehingga gaya kuasa yang diperlukan lebih kecil, tetapi ini harus dibayar dengan kecepatan putar lebih lambat.




8-Point Star: 20
 
PRAKTIKUM II
      II.     GERAK
· Tujuan Pembelajaran 
Ø Menjelaskan percobaan tentang GLB dan GLBB

· Dasar teori
1.    Definisi Gerak
                     Cobalah kita berlari. Pada saat berlari maka terjadi perpindahan, dimana kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi yang dimaksud dengan gerak adalah perpindahan posisi benda dari tempat asalnya karena adanya gaya.

2.    Contoh Gerak
         Gaya dapat mempengaruhi gerak sebuah benda. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan seperti:
a.    Gerak karena gaya otot:
·       pada saat mengayuh sepeda,
·       saat berolaraga,
·       saat bermain tarik tambang, atau
·       mendorong lemari menggunakan kekuatan dua tangan dll.   
8-Point Star: 9http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal11.jpg
b. Gerak karena gaya pegas :
·  Pada saat kamu bermain ketapel, atau
·  Bermain panahan, kita memanfaatkan karet yang diregangkan untuk memudahkan anak panah terlontar jauh dan cepat.
c.  Gerak karena gaya mesin:
Gaya mesin, yang dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan berat seperti:
·  Mobil pengeruk,
·  buldoser, dan
·  Berbagai mesin yang digunakan dalam bidang industri.
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Fisika/Gaya&Gerak/images/hal13.jpg








8-Point Star: 10
 
Keuntungan mekanik bidang miring adalah perbandingan panjang (s) dan tinggi bidang miring (h).

Keuntungan mekanik bidang miring bergantung pada panjang landasan bidang miring dantingginya. Semakin kecil sudut kemiringan bidang, semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dilakukan.

2.    Katrol
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban.

Katrol dapat dikelompokkan menjadi tiga , yaitu katrol tetap , katrol bergerak dan katrol majemuk.

PhotobucketPhotobucketPhotobucket
sumber gambar : Encarta 2006
Gambar dari kiri ke kanan katrol tetap, katrol bergerak dan majemuk

8-Point Star: 19Pada katrol tetap, besar gaya kuasa sama dengan berat beban, sedangkan lengan kuasa sama dengan lengan beban. Sistem katrol menggunakan katrol majemuk yang terdiri dari katrol-katrol yang bergerak.
Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip kerja bidang miring digunakan padapembuatan jalan-jalan dibukit dan pegunungan, sekrup, resleting, dan tangga. Sekrup bekerja dengan menggunakan prinsip bidang miring. Pada sekrup terdapat silinder dan uliran yang bekerja bersamaan. Sekrup sebenarnya adalah bidang miring yang dipuntalkan (dipilin pada sebuah silinder).

Photobucket
Gambar bidang miring

Secara matematis bidang miring dapat di rumuskan sebagai berikut :

Photobucket
Keterangan :

w = beratbeban ( N)
h = tinggi (m )
s = panjanglintasan miring ( m)
F = gayakuasauntukmengangkatbeban ( N )

Keuntungan mekanis bidang miring dapat dituliskan sebagi berikut ini :
Photobucket


8-Point Star: 18
 
Percobaan 1
1.    Gerak Lurus Beraturan (GLB)
a.    Tujuan
Ø Dapat menghitung jarak benda
Ø Dapat menghitung waktu yang di perlukan
Ø Dapat menghitung kecepatan benda
Ø Dapat membuat grafik hubungan antara jarak dan waktu

b.   Alat dan Bahan
1)   Katrol gantung tunggal
2)   Stop Watch
3)   Penggaris
4)   IPA.jpgBeban gantung 100g (2 buah)
5)   Statif dan klem
6)   Benang kasur
7)   Plastisin
8)   Beban tambahan

c.    Cara Kerja
1)   Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)   Rakitlah alat dan bahan seperti tampak pada gambar
3)   Usahakan agar beban tambahan m tertinggal di ring pembatas bila M1 turun dan M2 naik.
4)   8-Point Star: 11Tandai ketinggian beban tambahan (m) mula-mula sama tinggi dengan titik A
5)   Ukur panjang BC
6)   Biarkan sistem bergerak m+M1 turun dan M2 naik. Catat waktu yang diperlukan M1 untuk bergerak dari B ke C
7)   Ulangi percobaan sampai 5 kali dengan jarak BC  yang berbeda-beda (tinggi A tetap,B tetap,C berubah)
8)   Catat datanya pada Hasil Pengamatan

d.   Hasil Pengamatan
No
Jarak BC s (m)
Waktu t (sek)
1.

2.

3.

4.

5.


.............................

.............................

.............................

.............................

.............................
.............................

.............................

.............................

.............................

.............................

e.    Kesimpulan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f.     Pertanyaan
1)   Buatlah grafik hubungan antara jarak (s) sebagai fungsi waktu (t) berdasarkan data percobaan GLB (s sumbu vertikal dan t sumbu horizontal)
2)   8-Point Star: 12Hitunglah kecepatan berdasarkan grafik diatas!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgndEwzVaDUGbRD0QyECUSftSDzpcufY97myNHXhg8ll3IoqDTI6epDbWhlsOMpvKkZ5vXYC9LbVef4kOrczyfATpKZru_bAnKb-tqWTaSbMbACZX68QT5U3Uk_pv3RraW40osFGaIzP6YZ/s400/tuas4.jpg
Gambar tuas jenis I, II dan III

1.    Tuas jenis pertama : titik tumpu berada diantara beban dan kuasa (gunting, tang, jungkat-jungkit, catut)
2.    Tuas jenis kedua : beban berada diantara kuasa dan titik tumpu (pembuka tutup botol, gerobak toli beroda satu)
3.    Tuas jenis ke tiga : kuasa berada diantara titik tumpu dan beban (sekop, penjepit roti, pinset, pancingan)

3.    Bidang miring
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZX4kJ_TKgwn8oMAFZktnTjIci5ywE2IDEnzs8Uja_GW70g7heEDnB-YxJFGD3ZuVwknCnV7SvzAD7Wdu3cLcjEh8bVkXRS6hItLjpydjS0Vtq-JjIvptWKkdktHFoGEelrR64QOdg8zoG/s320/bidang+miring.jpg
Sumber : Encarta Enciklopedia 2006
Gambar conto-contoh Bidang miring
8-Point Star: 17
Tuas atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu gaya.Contoh penggunaan prinsip pengungkit adalah gunting, linggis, catut, baji dan lain-lain.
Contoh pengungkit dapat digambarkan sebagi berikut ini :

Photobucket
Gambar tuas danbagainnya 
Untuk pengungkit di atas dapat dirumuskan sebagai berikut ini!
Photobucket
Dimana :
F/Fk = gaya kuasa (N)
w/Fb = gaya beban (N)
lk = lengan kuasa (m)
lb= lengan beban (m)

Keuntungan mekanis dapat di tulis :
Km : LK/LB atau W/F

Keuntungan mekanik pada tuas bergantung pada masing-masing lengan. Semakin panjang lengan kuasanya, maka keuntungan mekaniknya akan semakin besar.

Berdasarkan letak titik tumpunya, tuas atau pengungkit diklasifkasikan menjadi tiga golongan, yaitu golonga ke I, II dan III





8-Point Star: 16


8-Point Star: 13

 
Percobaan 2
2.    Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
a.    Tujuan
Ø Dapat menghitung percepatan benda
Ø Dapat membuat grafik hubungan antara kecepatan dan waktu

b.   Alat dan Bahan
1)   Katrol gantung tunggal
2)   Stop Watch
3)   Penggaris
4)   Beban gantung 100g (2 buah)
5)   Statif dan klem
6)   Benang kasur
7)   Plastisin
8)   Beban tambahan

c.    Cara Kerja
1)   IPA.jpgIsilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)   Rakitlah alat dan bahan seperti tampak pada gambar
3)   Tentukan dan ukur jarak AB dan BC (usahakan AB > BC)
4)   Biarkan sistem bergerak (M1 dan m) turun dan M2 naik,usahakan agar beban tambahan m tertinggal di ring pembatas B
5)   8-Point Star: 13Ukur waku yang dibutuhkan (M1 +m) dari A ke B ( tAB ) dan M1 untuk bergerak B ke C ( tBC )
6)   Lakukan percobaan sampai 5 kali dengan jarak AB ( titik A tetap,C tetap, B berubah)
7)   Catat datanya pada Hasil Pengamatan

d.   Hasil Pengamatan
No
Beban  (g)
SAB (cm)
tAB (Sek)
SBC (cm)
tBC (Sek)
1.
2.
3.
4.
5.






e.    Kesimpulan
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

f.     Pertanyaan
1)   Buatlah grafik hubungan antara jarak AB (SAB) sampai fungsi waktu (tAB) pada percobaan GLBB
2)   Hitunglah percepatan benda berdasarkan grafik diatas!






8-Point Star: 14
 
PRAKTIKUM 3
III.     PESAWAT SEDERHANA
·      Tujuan Pembelajaran 
Ø  Menjelaskan manfaat adanya pesawat sederhana
Ø  Mengetahui keuntungan mekanik pada  pesawat sederhana

·      Dasar teori
1.    Pesawat sederhana
Pesawat sederhana adalah segala jenis perangkat yang hanya membutuhkan satu gaya untuk bekerja. yang contohny banyak seklai disekitar kita seperti gambar di atas.

2.    Manfaat pesawat sederhana
1.    Memperrmudah pekerjaan manusia
2.    Energi yang kita keluarkan juga dapat dihemat,
3.    Waktunya jadi lebih singkat.
4.    Untuk mengubah arah gaya
3.    Macam-macam pesawat sederhana 
Macam -macam pesawat sedeerhana antara lain sebagai berikut ini :
2.    Tuas/pengungkit
3.    Katrol tunggal tetap dan katrol tunggal bergerak
4.    Bidang miring dan roda bergigi (gir)
5.    Roda berporos
4.    Tuas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivKLZZwXwbiunRJH01AXvqalUJ2N-FSgmPOSnC4Ljjo38hF92vaDa2LbldW7JWotSAHOxP_-YWuLuzFu2xKpMKpmdXNX_LTjBJ74pqcnD5B9pquOOnRQtirIr8sUQkybtKW_21nVASn0I-/s1600/pesawat+sederhana.gif
8-Point Star: 15jungkat-jungkit











BUKU SAKU IPA 2
Dosen Pembimbing: -







NAMA                         : -
NIM                             : -
KELAS                                    : -

PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TAHUN 2013


No comments:

Post a Comment

Dinamika Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman

1. Hakikat Ideologi Terbuka Terdapat beberapa pendapat para pakar yang memberikan definisi ideologi, di antaranya sebagai berikut: Soerjanto...