Catatan :
![]() |
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami
sehingga kami berhasil menyelesaikan buku saku IPA
2 ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.Tujuan Buku
saku pratikum ini saya buat untuk mengikuti persaratan UAS
Dalam proses
penyelesaian buku pratikum ini tidak sedikit hambatan dan kesulitan yang
penulis alami.Karena berkat dorongan,bantuan semua pihak segala hambatan
kesulitan dapat teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih
kepada dosen IPA 2 Lilis Tisnawati dan teman-teman yang bersangkutan yang banyak memberikan
bantuan kepada penulis.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berperan serta dalam penyusunan pratikum
buku saku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Tangerang,2 Juni 2013
Penyusun

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..................................................................i
Daftar Isi ...............................................................ii
PRAKTIKUM I : Gaya....................................................1
1.1
Dasar teori Gaya................................................1
1.2
Percobaan 1 (Gaya istrik Statis).........................5
1.3
Percobaan 2 (Gaya Magnet
)..............................7
PRAKTIKUM II : Gerak ....................................................9
2.1 Dasar teori Gaya....................................................9
2.2 Percobaan 1 (GLB).............................................11
2.3 Percobaan 2 (GLBB)...........................................13
PRAKTIKUM III : Pesawat Sederhana.............................15
3.1 Dasar teori Gaya ................................15
3.2 Percobaan 1 (Katrol)...........................22
3.3 Percobaan 2 (Tuas).............................25
PENUTUP :
...........................................................................27
DAFTAR PUSTAKA :..........................................................28
![]() |
Catatan :
![]() |
DAFTAR PUSTAKA
Maman Rumanta, (2009) Praktikum
IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumardi Yosalap, (2004). Konsep Dasar IPA I petunjuk praktikum. Jakarta : Universitas
Terbuka
![]() |
PEMBAHASAN
PRAKTIKUM
1
I. GAYA
·
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan konsep
dan peranan gaya
·
Dasar teori
1.
Definisi Gaya
Seorang
yang mendorong meja, meja yang tadinya diam sekarang bisa bergerak. Meja bisa
bergerak karena orang memberikan sesuatu kekuatan melalui dorongan, kekuatan
itulah yang kita namakan sebagai gaya. Gaya adalah dorongan atau tarikan
yang dapat menyebabkan benda bergerak. Jadi bila kita menarik atau
mendorong benda hingga benda itu bergerak maka kita telah memberikan gaya
terhadap benda tersebut.


Dibawah
ini adalah gambar cara mengukur gaya dengan menggunakan dinamometer.

2.
Jenis-jenis Gaya
Secara
sadar atau tidak kita sering melakukan aktivitas yang memerlukan gaya. Tetapi
jenis gaya tidak hanya yang kita keluarkan. Berikut ini adalah jenis-jenis
gaya:
a. Gaya magnet:
Kekuatan
yang menarik jarum, paku, atau benda logam lainnya yang ada disekitarnya.
Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan selatan. Bentuk magnet beragam
ada yang berbentuk jarum, ada yang berbentuk huruf “U”, berbentuk silinder,
berbentuk lingkaran dan ada yang berbentuk batang. Perhatikan gambar
bentuk-bentuk magnet berikut!

b. Gaya
listrik statis:

PENUTUP
Demikianlah
Buku Saku sederhana ini kami buat. Namun demikian, kami sebagai
penyusun menyadari Buku Saku ini masih jauh dari kesempurnaan.
Kami mohon maaf apabila masih banyak ditemui kesalahan, itu datangnya dari
kealpaan kami. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan dari
pembaca semua. Terutama dari pembimbin saya pada umumnya.
Akhirnya,
marilah kita kembalikan semua urusan kepada-Nya. Billahit’taufiq
wal hidayah war ridho wal inayah wassalamu’alaikum wr.wb.
![]() |
a.
Hasil Pengamatan
No
|
Jarak OR
|
Jarak OE
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
b.
Kesimpulan
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
Pertanyaan
1) Jika massa di A lebih besar dari massa di B, maka panjang
OR dibandingkan OE akan ... ( berikan alasan anda dengan singkat dan jelas
mengapa hal ini terjadi! )
2) Berdasarkan hasil percobaan yang anda lakukan, maka :
beban x lengan beban = .................x...................
3) Sebutkan 2 contoh
pesawat sederhana yang menggunakan asas tuas!
![]() |
sobekkan
kertas tersebut akan menempel pada penggaris. Penggaris bisa menarik potongan
kertas dengan gaya listrik statis.

c.
Gaya otot
:
Kekuatan
yang dihasilkan oleh otot manusia. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita
mengangkat beban atau sedang senam di sekolah. Apabila kita sering melakukan
olahraga maka otomu akan bertambah besar dan kuat.

d.
Gaya gravitasi bumi
:


e. Gaya Pegas :
Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang
diregangkan. Misalnya saat kamu bermain panahan, karet mampu mendorong anak
panah terlontar dengan cepat dan jauh.

f. Gaya Gesekan:

Percobaan
2
1. Tuas
a.Tujuan
Ø Menjelaskan manfaat
dari tuas
Ø Menentukan
keuntungan mekanik (KM) pada tuas
b.Alat
dan Bahan
1)
Penggaris ukuran panjang 30-100 cm
2)
Statif atau
penyangga untuk menggantung penggaris
3)
Benang
secukupnya
4)
Beban abtara
10gr sampai dengan 200gr masing-masing 1 buah
5)
Klip kertas
sebagai pengganti beban
c.Cara
Kerja
1) Susunlah penggaris
dan statif atau penyangga,berikut gantungkan penggaris dengan lengan-lengan
yang panjang, sehingga dalam keadaan seimbang. Dalam hal ini anggaplah titik
nol (0) berada ditenga-tengah penggaris (misal,jika panjang penggaris 30cm,maka
titik sumbu nol pada angka 15)
2) Gantungkan beban
100gr pada lengan kiri (A) dan 20gr pada lengan kanan (B). Atur kekdudukan
penggaris supaya tetap dalam keadaan setimbang.
3) Catatlah jarak OR
dan OE pada tabel Hasil Pengamatan
4)
Ulangi langkah (b) dan (c) untuk melengkapi tabel Hasil
Pengamatan tersebut.

f.
Pertanyaan
1)
Jika saat kalibrasi beban 100gr, skala pegas menunjukan
20 skala kecil,maka 1 skala kecil sama dengan masa beban ... gr.
2)
Dari langkah (b),keuntngan mekanik yang didapat dari
katrol tetap adalah ...
3)
Pada langkah (d) keuntungan mekanik dari penggunaan
katrol bergerak adalah ...
4)
Mana yang lebih menguntungkan penggunaan katrol tetap
atau katrol bergerak? Berkan alasan anda dengan singkat dan jelas mengapa hal
ii terjadi!
![]() |
Percobaan
1
1.
Gaya Listrik Statis
a. Tujuan
Ø Dapat menunjukan gejala adanya gaya listrik statis
b. Alat
1)
Sisir
plastik
c. Bahan
1)
Rambut
seseorang yang agak tebal dan kering
2)
Potongan – Potongan
kertas kecil
d. Cara Kerja
1)
Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)
Sisirlah rambut kering yang tebal dengan sisir plastik
3)
Kemudian dekatkan sisir plastik itu ke potongan - potongan kertas kecil,
4)
Amati apa yang terjadi?
e. Hasil Pengamatan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f. Kesimpulan

g.
Pertanyaan
1)
Gaya apakah
yang menyebabkan potngan kertas tetarikoleh sisir plastik yang digosokan oleh
rambutkering?
![]() |
5)
Catatlah skala pegas pada B untk setiap beban yang
digantungkan pada katrol bergerak di A.
6)
Lakukan kegiatan pada langkah (d) dan (e) dengan
mengganti beban A dari 100gr sampai dengan 400gr.
d.
Hasil Pengamatan
1)
Data Hasil
Kalibrasi
No
|
Beban
|
Data
Hasil Kalibrasi
|
|
|
|
2)
Skala Pada Pegas


3)
Skala Pada Pegas

e.
Kesimpulan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Percobaan 1
2. Katrol
a.
Tujuan
Ø Menjelaskan manfaat
dari katrol
Ø Menentukan keuntukan
mekanik (KM) pada katrol
b.
Alat dan Bahan
1)
Katrol tetap
2)
Katrol bergerak
3)
Neraca pegas 0-500 gram
4)
Beban 200 gram, 100 gram, 50 gram, 20 gram (masing-masing
2 buah)
5)
Benamg secukupnya atau senar plastik
6)
Statif ataupenggantung katrol
c.
Cara Kerja
1)
Lakukan kalibrasi untuk beban yang akan digunakan (200gr,
100gr, 50gr, 20gr) dengan menggunakan neraca pegas,periksa apakah skala pada
pegas menunjukan keterbacaan yang sama dengan nilai beban yang tertera. Masukan
data hasil kalbrasi anda dalam Hasil Pengamatan.
2)
Susunlah alat dan bahan percobaan. Setelah beban A
tergantung,catatlah skala yang terdapat pada pegas kemudian bandingkan dengan
masa beban A.
3)
Kemudian lakukan langkah (b) dengan mengganti beban
pada secara berurutan dari 100gr sampai
dengan 400gr.
4)

Selanjutnya lakukan kegiatan praktikum menggunakan katrol
bergerak dan katrol tetap.


Percobaan
2
2.
Gaya Magnet
a.
Tujuan
Ø Dapat menunjukan gejala adanya gaya magnet
b.
Alat dan Bahan
1) Magnet batang
2) Jarum jahit
3) Aluminium
4) Seng
5) Seutas benang jahit
6) Potongan plastik
7) Potongan kertas
8) Statip
9) Isolatif plastik
c.
Cara Kerja
1)
Isilah
lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)
Dekatkanlah
megnet batang dengan bahan yang tersedia tetapi tidak sampai bersentuhan.
3)
Amati apa
yang terjadi
4)
Masukan data
dalam tabel Hasil Pengamatan
d.
Hasil Pengamatan
No
|
Magnet
|
Bahan
|
Tertarik/Tak tertarik
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
|
Jarum
jahit
Aluminium
Seng
plastik
![]()
kertas
|
...................
...................
...................
...................
...................
...................
|
e.
Kesimpulan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f.
Pertanyaan
1)
Mengapa
benda-benda logam yang kecil dapat di tarik oleh magnet barang?
![]() |
Sebaliknya, roda gigi kecil memberikan
kecepatan putar yang lebih cepat, tetapi ini memberikan gaya yang lebih kecil,
sehingga harus dibayar dengan gaya kuasa yang lebih besar.
Tentunya kalian sudah mempelajari pesawat
sederhana dan di video awal kami perlihatkan video pengibaran bendera, nah
sekarang bayangkan jika kalian bisa menjadi petugas paskibra nasional seperti
di bawah ini tentunya menjadi kenbanggaan guru, orang tua dan kalian sendiri,
karena mereka adalah putra terpilih bangsa yang tidak hanya memilki fisik yang
bagus tetapi juga kecerdasan dan kepintaran, Jika kalian ingin seperti mereka
ayo siapkan diri sejak sekarang juga.
![]() |
Katrol
majemuk merupakan perpaduan dari katrol
tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol
majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan
pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban
akan terangkat besert bergeraknya katrol bebas keatas.
Keuntungan
mekanik katrol tetap adalah satu sedangkan
Keuntungan mekanik katrol bergerak adalah dua, sedangkan katrol majemuk sama
dengan banyaknya tali yang menyangkut pada katrol.
Sebagai
contoh jka katrol menggunakan tali yang menahan beban berjumlah 3 sepertigambar
diatas, maka keuntungan mekaniknya adalah 3 kali.
1. Roda berporos

Gambar penerapan roda berporos
Roda gigi adalah
sepasang roda bergerigi yang saling berhubungan sehingga sepasang roda
bergerigi tersebut dapat digunakan untuk menambah atau mengurangi gaya,
disamping untuk mengubah besar arah kecepatan putaran. Roda gigi besar
memberikan gaya yang lebih besar, sehingga gaya kuasa yang diperlukan
lebih kecil, tetapi ini harus dibayar dengan kecepatan putar lebih lambat.
![]() |
PRAKTIKUM II
II. GERAK
· Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan
percobaan tentang GLB dan GLBB
· Dasar teori
1.
Definisi Gerak
Cobalah kita berlari. Pada saat
berlari maka terjadi perpindahan, dimana kita berpindah dari satu tempat ke
tempat lain. Jadi yang dimaksud dengan gerak adalah perpindahan posisi benda
dari tempat asalnya karena adanya gaya.
2.
Contoh Gerak
Gaya dapat mempengaruhi gerak sebuah benda. Hal ini dapat
dilihat dari beberapa kegiatan seperti:
a.
Gerak karena gaya otot:
·
pada
saat mengayuh sepeda,
·
saat
berolaraga,
·
saat
bermain tarik tambang, atau
·
mendorong
lemari menggunakan kekuatan dua tangan dll.


b. Gerak karena gaya pegas :
· Pada saat kamu bermain ketapel, atau
· Bermain panahan, kita memanfaatkan
karet yang diregangkan untuk memudahkan anak panah terlontar jauh dan cepat.
c. Gerak karena gaya mesin:
Gaya mesin, yang dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan
berat seperti:
· Mobil pengeruk,
· buldoser, dan
· Berbagai mesin yang digunakan dalam bidang industri.

![]() |
Keuntungan mekanik bidang miring adalah perbandingan panjang
(s) dan tinggi bidang miring (h).
Keuntungan mekanik bidang miring bergantung pada panjang
landasan bidang miring dantingginya. Semakin kecil sudut kemiringan bidang,
semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus
dilakukan.
2. Katrol
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang
sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu
rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk
mengangkat suatu beban.
Katrol dapat dikelompokkan menjadi tiga , yaitu katrol tetap
, katrol bergerak dan katrol majemuk.



sumber gambar : Encarta 2006
Gambar dari kiri ke kanan katrol
tetap, katrol bergerak dan majemuk

Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip kerja bidang miring
digunakan padapembuatan jalan-jalan dibukit dan pegunungan, sekrup, resleting,
dan tangga. Sekrup bekerja dengan menggunakan prinsip bidang miring. Pada
sekrup terdapat silinder dan uliran yang bekerja bersamaan. Sekrup sebenarnya
adalah bidang miring yang dipuntalkan (dipilin pada sebuah silinder).

Gambar bidang miring
Secara
matematis bidang miring dapat di rumuskan sebagai berikut :

Keterangan
:
w
= beratbeban ( N)
h
= tinggi (m )
s
= panjanglintasan miring ( m)
F
= gayakuasauntukmengangkatbeban ( N )
Keuntungan mekanis bidang miring dapat dituliskan sebagi
berikut ini :

![]() |
Percobaan 1
1. Gerak Lurus Beraturan
(GLB)
a.
Tujuan
Ø Dapat menghitung jarak benda
Ø Dapat menghitung waktu yang di perlukan
Ø Dapat menghitung kecepatan benda
Ø Dapat membuat grafik hubungan antara jarak dan waktu
b.
Alat dan Bahan
1)
Katrol
gantung tunggal
2)
Stop Watch
3)
Penggaris
4)
Beban
gantung 100g (2 buah)

5)
Statif dan
klem
6)
Benang kasur
7)
Plastisin
8)
Beban
tambahan
c.
Cara Kerja
1)
Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk
2)
Rakitlah alat dan bahan seperti tampak pada gambar
3)
Usahakan agar beban tambahan m tertinggal di ring
pembatas bila M1 turun dan M2 naik.
4)
Tandai ketinggian beban tambahan (m) mula-mula sama
tinggi dengan titik A

5)
Ukur panjang BC
6)
Biarkan sistem bergerak m+M1 turun dan M2 naik. Catat
waktu yang diperlukan M1 untuk bergerak dari B ke C
7)
Ulangi percobaan sampai 5 kali dengan jarak BC yang berbeda-beda (tinggi A tetap,B tetap,C
berubah)
8)
Catat datanya pada Hasil Pengamatan
d.
Hasil Pengamatan
No
|
Jarak
BC s (m)
|
Waktu
t (sek)
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
e.
Kesimpulan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f.
Pertanyaan
1)
Buatlah grafik hubungan antara jarak (s) sebagai fungsi
waktu (t) berdasarkan data percobaan GLB (s sumbu vertikal dan t sumbu horizontal)
2)
Hitunglah kecepatan berdasarkan grafik diatas!

Gambar tuas jenis I, II dan III
1.
Tuas
jenis pertama : titik tumpu berada diantara beban dan kuasa (gunting, tang,
jungkat-jungkit, catut)
2.
Tuas
jenis kedua : beban berada diantara kuasa dan titik tumpu (pembuka tutup botol,
gerobak toli beroda satu)
3.
Tuas
jenis ke tiga : kuasa berada diantara titik tumpu dan beban (sekop, penjepit
roti, pinset, pancingan)
3. Bidang miring

Tuas atau pengungkit adalah salah satu
pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu
gaya.Contoh penggunaan prinsip pengungkit adalah gunting, linggis, catut, baji
dan lain-lain.
Contoh
pengungkit dapat digambarkan sebagi berikut ini :
![]() |
Gambar tuas danbagainnya
|
Untuk
pengungkit di atas dapat dirumuskan sebagai berikut ini!

Dimana
:
F/Fk
= gaya kuasa (N)
w/Fb
= gaya beban (N)
lk
= lengan kuasa (m)
lb=
lengan beban (m)
Keuntungan
mekanis dapat di tulis :
Km : LK/LB atau W/F
Keuntungan mekanik pada tuas bergantung pada masing-masing
lengan. Semakin panjang lengan kuasanya, maka keuntungan mekaniknya akan
semakin besar.
Berdasarkan
letak titik tumpunya, tuas atau pengungkit diklasifkasikan menjadi tiga
golongan, yaitu golonga ke I, II dan III
![]() |
|||
![]() |
|||
Percobaan
2
2. Gerak Lurus
Berubah Beraturan (GLBB)
a.
Tujuan
Ø Dapat menghitung percepatan benda
Ø Dapat membuat grafik hubungan antara kecepatan dan waktu
b.
Alat dan Bahan
1)
Katrol
gantung tunggal
2)
Stop Watch
3)
Penggaris
4)
Beban gantung
100g (2 buah)
5)
Statif dan
klem
6)
Benang kasur
7)
Plastisin
8)
Beban
tambahan
c.
Cara Kerja
1)
Isilah lembar kerja sesuai dengan petunjuk

2)
Rakitlah alat dan bahan seperti tampak pada gambar
3)
Tentukan dan ukur jarak AB dan BC (usahakan AB > BC)
4)
Biarkan sistem bergerak (M1 dan m) turun dan M2
naik,usahakan agar beban tambahan m tertinggal di ring pembatas B
5)
Ukur waku yang dibutuhkan (M1 +m) dari A ke B ( tAB ) dan M1 untuk bergerak B ke C
( tBC )

6)
Lakukan percobaan sampai 5 kali dengan jarak AB ( titik A
tetap,C tetap, B berubah)
7)
Catat datanya pada Hasil Pengamatan
d.
Hasil Pengamatan
No
|
Beban (g)
|
SAB (cm)
|
tAB (Sek)
|
SBC (cm)
|
tBC (Sek)
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
e.
Kesimpulan
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f.
Pertanyaan
1) Buatlah grafik
hubungan antara jarak AB (SAB) sampai fungsi waktu (tAB)
pada percobaan GLBB
2) Hitunglah
percepatan benda berdasarkan grafik diatas!
![]() |
PRAKTIKUM
3
III.
PESAWAT SEDERHANA
·
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan manfaat
adanya pesawat sederhana
Ø Mengetahui
keuntungan mekanik pada pesawat
sederhana
·
Dasar teori
1. Pesawat
sederhana
Pesawat
sederhana adalah segala jenis perangkat yang
hanya membutuhkan satu gaya untuk bekerja. yang contohny banyak seklai
disekitar kita seperti gambar di atas.
2. Manfaat pesawat sederhana
1.
Memperrmudah
pekerjaan manusia
2.
Energi
yang kita keluarkan juga dapat dihemat,
3.
Waktunya
jadi lebih singkat.
4.
Untuk
mengubah arah gaya
3. Macam-macam pesawat sederhana
Macam -macam pesawat sedeerhana antara lain sebagai berikut
ini :
2.
Tuas/pengungkit
3.
Katrol
tunggal tetap dan katrol tunggal bergerak
4.
Bidang
miring dan roda bergigi (gir)
5.
Roda
berporos
4. Tuas
BUKU
SAKU IPA 2
Dosen Pembimbing: -
NAMA : -
NIM : -
KELAS : -
PROGRAM
S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TAHUN
2013
No comments:
Post a Comment